Senin, Agustus 10, 2009

KELUARGA KRISTEN BAHAGIA


Prinsip hidup dalam keluarga Kristen berbeda jauh dengan prinsip dalam keluarga-keluarga lainnya di luar kekristenan. Sebab bagi orang Kristen, pernikahan adalah:
Pertama, satu kali untuk seumur hidup (Maleakhi 2:16). Pernikahan dibuat pertama kali atas ide Allah (Kejadian 2:18). Pernikahan ini bersifat monogami, hanya boleh memiliki satu suami atau satu isteri.
Kedua, dua menjadi satu (Matius 19:5-6). Pernikahan menjadikan antara suami dan isteri menjadi satu di hadapan Allah.
Ketiga, bertanggung jawab. Tanggung jawab suami terhadap isterinya adalah mencari nafkah dan mendidik keluarganya untuk takut akan Allah. Suami juga harus mengasihi isteri dan anak-anaknya. Tanggung jawab isteri adalah tunduk (hormat) dan mendukung suaminya. Isteri harus juga mengasihi suami dan anak-anaknya, bijaksana, suci, dapat mengatur rumah tangga dengan baik (Titus 2:4-5).
Fondasi keluarga Kristen adalah firman Tuhan yang mengajarkan kepada seluruh anggotanya untuk hidup takut akan Tuhan dan senantiasa menyertakan Tuhan hadir dalam rumah tangganya. Kasih menjadi pengikat di antara semua anggota. Komunikasi menjadi sarana untuk berjalannya hubungan yang baik dan menghindari dari segala kecurigaan atau prasangka buruk yang bisa menghancurkan rumah tangga.(Pdp. Tony Tedjo, M.Th)

Tidak ada komentar: